ARTIKEL TELISIK MAHASISWA



MAHASISWA KEKINIAN
Apa yang terlintas di benak kita ketika berbicara tentang mahasiswa? Sejatinya berbicara tentang mahasiswa berarti berbicara tentang perubahan, sebaliknya juga berbicara tentang perubahan berarti berbicara tentang mahasiswa. Bagi penulis hal tersebut merupakan hal yang wajar, ketika mahasiswa disebutkan dengan sang pelopor perubahan. Karena mengingat berbagai gelar dan setatus yang di sandangkan kepadanya, yaitu mahasiswa adalah agent perubahan (agent social of change) dan ( agent social of contol).
Mahasiswa sebagai agent social of change memiliki artian bahwasanya ia terbuka dengan semua segala perubahan yang ada di sekelilingnya, perubahan yang terjadi di tengah masyarakat sekaligus menjadi sebuah subjek dan objek perubahan itu sendiri, bisa di katakan juga bahwasanya mahasiswa adalah aktor dan sutradara dalam sebuah tayangan bertitelkan mahasiswa adalah sang perubahan.
Selain itu mahasiswapun di harapkan mampu membangkitkan semangat giroh kelimuan dan intelektualnya di samping titel mahasiswa sebagai sang pembawa perubahan mahasiswa adalah harapan untuk menjadi seorang pemimpin di masa depan yang memiliki kemampuan intelektual, tangguh, dan berakhlak mulia. Itulah mahasiswa sebagai tonggak penentu bangsa
Dalam tridarma perguruan tinggi mahasiswa sebagai agen social of change dan agent social of control mengahruskan mahasiswa mampu melek dan peduli dengan lingkungan, sehingga ia akan mudah menyadari segala permasalahan yang terjadi yang terus tiada hentinya menggeluti dan memerangi masyarakat karena dengan bagaimanapun, hanya mahasiswa lah yang sadar akan keadaan di dalam mayarakat serta mampu dan layak mengusung sebuah perubahan
Tanpa melupakan sebuah sejarah kita ketahui bahwasanya banyak cerita dan kisah yang patut kita junjung tinggi,  tentang bagaimana peran mahasiswa dalam perubahan kondisi bangsa dan negaranya mulai dari zaman kenabian, zaman kolonialisma, hingga sekarang zaman reformasi. Kita teringat pada sejarah indonesia untuk merubah sebuah orde baru menjadi reformasi yang pada saat itu menumbangkan rezim suharto, pertanyaannya siapakah yang memegang kendalinya? Jawabannya adalah mahasiswa. Di samping itu mahasiswa adalah tonggak iintelektual kaum muda harapan bangsa serta mampu mendongkrak sebuah perubahan demi terciptanya bangsa yang adil dan sejahtera yang mampu mengahntarkan rakyat indonesia jauh lebih baik dari pada hari ini.
Melihat fakta pada hari ini penulis katakan bahwasanya memang lain dulu lain sekarang, kini ketika berbicara tentang mahasiswa yang terbayang adalah sosok yang individualis, sosok yang hedonis , dan mys self my adventur itulah mahasiswa pada saat ini.
Jika terus terusan seperti itu, dimana peran mahasiswa yang di gembor-gemborkan dengan sosok sang pembawa perubahan, melek dengan keadaan sekitarnya pun tidak!... bisa di bilang mahasiswa pada hari ini di rumah penjelmaannya menjadi sosok yang autis yang tidak pernah peduli dengan lingkungan sekitar
Mahasiswa adalah kaum terpelajar, kaum intelektual serta kaum yang memiliki impian dan integritas di atas rata-rata, sehingga dapat memberikan sebuah kontribusi positif terhadap masayarakat dan kaum tertidas pada hari ini.
Pada akhirnya sangat di sayangkan sekali ilmu yang mati-matiaan di kejarnya pun, bukan kerena tuntunan keilmuannya, dan bukan pula untuk di aplikasikan terhadap kehidupan , tapi semata-mata untuk mengejar nilai dan karir serta title SARJANA MUDA.....jika mahasiswanya saja tidak bisa menjadi tonggak sang perubhan bangsa dan kehidupan di masa depan penulis katakan BAGAIMANA JADINYA NASIB BANGSA INI?
            Semoga artikel yang penulis tulis bisa menjadikan sebuah semangat baru bagi para pembaca semua dan mampu menjalankan peran mahasiswa sebagai agent social of change dan agent social of control.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com