“ MANAGEMENT WAKTU ”



MANAGEMENT WAKTU ”
ANALISIS
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Sosiologi Politik
Program Studi siyasah Semester III
Di Susun Oleh :
Asikin Abdul Aziz (1123030010)









PROGRAM STUDI SIYASAH
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2013
NILAI YANG DI PERJUANGKAN
MANAGEMENT WAKTU
A.    Gambaran Umum
Nilai yang saya perjuangkan di sini adalah sebuah management waktu, dimana saat ini saya sedang mencari ilmu di UIN SGD bandung, dan hal tersebut adalah sebuah kenyataan yang tidak saya duga sebelumnya. Masa-masa sekolah menengah kejuruan (SMK) kini hanya menjadi sebuah kenangan yang tidak pernah bisa saya lupakan. Masa SMK di mana kehidupan dalam sehari harinya masih di atur dalam sebuah sistem pengajaran sekolah, yang mana peserta didik masuk dan selesai pada waktu yang telah di tentukan oleh pihak yang berwenang. Setelah jam sekolah selesai saya merasa bimbang dan tidak ada aktifitas apapun yang saya lakukan selain bermain dan bermain bersama teman-teman saya, begitu pun keesokan harinya dan seterusnya.

Setelah lulus dari Sekolah menengah kejujuruan, saya melanjutkan kuliah di bandung yang mana saya kuliah di UIN SGD Bandung. Saya diterima di UIN SGD bandung ini tahun 2012, terusterang pada saat itu saya tidak mempunyai teman, bahkan saya tidak tahu apakah sebagai mahasiswa itu sama halnya dengan anak sekolah? setelah saya pahami selama 2 semester sebelumnya bahwasanya mahasiswa lah yang harus mengatur sebuah waktu, bukanlah sebuah waktu yang mengatur saya. Semasa saya di SMK kini berbeda dengan sekarang yakni saya dituntut untuk mampu berfikir agar saya bisa mengoptimalkan sebuah waktu 24 jam yang di beri oleh allah SWT ini menjadi sebuah amal kebajikan yang bernilai positif. Setelah melakukan flashback ke belakang selama 2 semester, saya merasa bahwa saya telah membuang banyak sekali waktu yang seharusnya saya gunakan untuk mencari ilmu dari luar dan melakukan hal-hal yang bernilai positif akan tetapi saya gunakan waktu itu untuk bermain yang sama halnya dengan seorang anak yang masih sekolah menengah kejuruan (SMK).

Dengan melihat sebuah kenyataan yang kemarin saya alami, kini saatnya saya berubah demi mencapai sebuah keinginan yang saya cita-citakan, harapan dari kedua orang tua, kakak, adik, dan semua keluarga besar yang saya miliki dan selalu mensupport setiap langkah perjuangan saya untuk mendapatkan sebuah kehidupan yang lebih baik.
saya meyakini bahwasannya saya mampu untuk membuat semuanya berubah menjadi hal-hal yang bermanfaat. Insya allah saya akan memulai sebuah perjalanan baru dari sekarang hingga saya tidak mampu untuk menjalaninya.
Hal pertama yang harus saya lakukan demi tercapainya sebuah cita-cita yaitu menggunakan waktu 24 jam yang saya miliki untuk melakukan hal-hal yang bernilai positif. Tentu tidak mudah untuk melakukan semua itu karena godaan, rintangan dan halangan pun akan selalu menghiasi sebuah perjalanan yang akan saya mulai ini, selain itu saya akan mencari sebuah kesibukan yang sekiranya mengasah kemampuan diri saya dan ikut aktif dalam sebuah organisasi yang saya jalani sekarang ini, sehingga pada saatnya pula saya mendapatkan sebuah pengalaman yang bernilai dan mampu menghasilkan sebuah pemikiran yang ilmiah. Adapun tempat untuk memenuhi sebuah usaha agar lebih baik yang akan saya jalani dan supaya saya mempunyai sebuah kesibukan yang bernilai, saya harus banyak berdiskusi dengan teman-teman seperjuangan saya di kost, kampus, organisasi, dan lainnya. Mungkin dengan cara itu saya mendapatkan sebuah kesibukan yang bernilai kelak.

Selanjutnya yang akan saya lakukan adalah membuat sebuah management waktu, karena saya pikir sebuah arti dari me”manage”, mengatur atau mengelola waktu yang mana kita melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat, alasan saya harus mengatur sebuah waktu dikarenakan waktu adalah sumber daya yang tidak bisa kembali, jadi bagaimana cara saya memanagement waktu adalahhal yang akan menentukan sejauh mana saya mampu mengapai cita-cita dan kesuksesan.

Maka dari itu mulai dari sekarang saya akan melakukan hal-hal yang bisa saya lakukan dengan semaksimal mungkin menggunakan sebuah waktu dengan sebaik mungkin dan bernilai pada waktunya, saya kira dalam sebuah aktifitas dan kehidupan jika salah itu biasa, karena kita belajar dari kesalahan tersebut dan kesuksesan pun telah menunggu.

B.     Pokok Permasalahan
Kekurangtelitian saya dalam hal kecil seperti tidak menggunakan waktu sebaik-baiknya dulu menyebabkan saya menjadi bimbang dan sulit untuk memanage waktu sekarang ini, sehingga waktu 24 jam yang diberikan oleh Allah SWT tidak saya gunakan untuk sebuah nilai yang bermanfaat sehingga banyak ilmu yang tidak saya dapat dari sebuah kesibukan yang sebaiknya saya jalani.
Faktor-faktor tersebut dikarenakan:
a.       Akibat pengaruh lingkungan sekitar dari teman satu kost maupun dari keluarga
b.      Tidak mempunyai Scedhule Time
c.       Tidak memiliki sebuah aktifitas yang membuat saya sibuk dalam hal yang positif
d.      Kurang bergaul dengan teman luar
e.       Tidak terlalu aktif dalam sebuah organisasi baik organisasi massa maupun intelektual yang saya jalani sekarang, sehingga waktu saya untuk berorganisasi terbuang percuma.
f.       Tidak memiliki sebuah keinginan, tujuan dan targetyang diperjuangkan dengan sungguh-sungguh.
g.      Terlalu fokus pada satu hal sehingga waktu untuk hal lain terlupakan.
h.      Canggung untuk melakukan sebuah aktifitas.
i.        Tidak memiliki sebuah keputusan dalam melangkah (bimbang).
j.        Mudah frustasi ketika menghadapi kesulitan atau permasalahan.
k.      Mengikuti ajakan teman untuk bermain dan lupa akan hal penting.
l.        Mendahulukan hal yang tidak sebaiknya dilakukan terlebih dahulu seperti merapihkan ruangan.

C.    Analisa Permasalahan
Menurut analisa saya setelah flashback ke belakang permasalahan yang saya hadapi sekarang ini yang membuat saya tidak bisa memanage waktu dikarenakan sewaktu saya di SMK mendahulukan keinginan dan mengakhirkan hal-hal yang lebih penting. Selain itu saya terlalu menyepelekan hal kecil yang padahal jika hal kecil itu dilakukan dapat berakibat positif untuk diri saya pribadi, mungkin dari hal-hal yang telah saya sebutkan saya tidak akan mendapatkan sebuah pengalaman dan ilmu baru yang belum saya ketahui. Seperti halnya kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah saya, walaupun ada banyak kegiatan dari kegiatan ekstrakulikuler tersebut yang saya sukai, saya selalu merasa canggung untuk mengikutinya dan akhirnya saya lebih memilih untuk beraktifitas layaknya orang-orang yang tidak mempunyai kegiatan sama sekali, seperti tidur-tiduran dan berkhayal ingin lebih baik dari sebelumnya tanpa ada usaha. Saya mengira bahwa jika saya berpikir agar lebih baik dan melakukan usaha langsung menuju pada target akan berbuah hasil yang memuaskan, padahal akan lebih baik jika melakukan sebuah usaha melalui sebuah proses, seperti halnya bersekolah, dan saya rasa melakukan sebuah usaha agar lebih baik melalui sebuah proses bukanlah suatu hal yang hanya membuang waktu secara percuma.
Lingkungan adalah faktor utama yang mempengaruhi saya dalam gagalnya sebuah pengaturan waktu dimana lingkungan adalah tempat sehari-hari melakukan sebuah aktifitas. Dimana pada saat itu saya selalu berteman dengan orang yang suka bermain hura-hura tdiak berteman dengan orang yang suka mencari sebuah kesibukan .
Ketidaktahuan saya terhadap arti sebuah nilai dari management waktu ini membuat saya peka terhadap sekitar saya padahal sebuah management waktu ini penting sekali untuk tujuan hidup sayah ini dengan management waktu ini hidup saya  dan waktu saya di gunakan dengan sebaik mungkin
D.    Aksi Dan Rekomendasi
Berusaha me “manage” sebuah waktu dan selalu berusaha memperbaiki diri saya dengan cara belajar dari sebuah pengalaman yang sudah saya lalui sebelumnya yang tidak lain demi tercapainya sebuah cita-cita yang di inginkan dan memenuhi sebuah harapan dari orag tua saya. Tentu dalam proses menuju perbaikan diri itu tidak mudah seperti hal nya yang kita bayangkan seperti membalikan telapak tangan kita melainkan melalui sebuah usaha  seperti halnya proses yang saya ingin perjuangkan itu adalah proses me manage waktu. Adapun cara-cara yang akan saya lakukan demi terciptanya sebuah hasil yang memuaskan dan mampu mengatur sebuah waktu untuk di gunakan secara manfaat itu antara lain :
a.       Saya akan menentukan yang harus di prioritaskan
Saya akan memu;ai aktifitas ini dengan mendahulukan sebuah pekerjaan yang penting ini, seperti halnya kuliah dan mengerjakan tugas itu adlah prioritas uatama ketimbang hangout, main games, serta chattingan.
b.      Membuat sebuah jadwal kegiatan
Sebuah jadwal kegiatan akan membantu mengingatkan saya dari segala pekerjaan atau kesibukan yang harus di selesaikan dalam waktu tertentu. Adapun jadwalnya bisa berupa kegiatan jadwal harian dengan keterangan jenis-jenis kegiatan yang harus di selesaikan hari ini.
Contohnya :
                                          Jadwal kegitan Harian Aziz
NO
WAKTU
KEGIATAN
1
02.00
Tahajud
2
04.00 s.d 04.30
Tadarusan
3
04.30
Shalat Subuh
4
07.00 s.d 12.00
Kuliah
5
12.00 s.d 13.00
Shalat duhur + Makan siang
6
13.00 s.d 16.00
Shalat Asar
7
16.00 s,d 17.30
Mandi
8
18.00 s.d 19.00
Baca Al-quran / Baca buku
9
20.00 s,d 21.00
Masak dan Makan
10
21.00 s.d 02.00
Istirahat / Tidur

Setiap malamnya di control man yang terlaksana dan yang tidaknya. Untuk kegiatan setiap harinya berbeda. Mungkin dengan me”manage” waktu ini saya bisa mampu megetahui sebuah aktifitas yang telah kita jalani seharian.ketika agenda ini lancar dan sukses saya tingkatkan kembali dalam kegiatan minguan, bulanan, bahkan paning 1 tahun kedepan.
Dan untuk malamnya ketika mau tidur saya akan biasakan menyusun sebuah rencana untuk besok harinya.
c.       Tidak akan menunda-nundakan sebuah pekerjaan/ tugas yang di berikan dosen
Dalam melakukan sebuah pekerjaan yang di berikan dosen kepada saya insyaallah saya akan melakukannya dengan di siplin dlam mengerjakannya.
d.      Bergaul dengan orang-orang yanng memiliki sebuah aktifitas yang bermanfaat dan berfikir positif
Mungkin ini hal yang sangat perlukan seperti halnya pepatah kalo kita bergaul dengan seorang pedagang minyak wangi kita akan ikut wangi sama halnya dengan bergaul debgab orang yang memiliki sebuah aktifitas yang bermanfaat mungkin saya akan ke bawa untuk melakukan sebuah kesibukan dan aktifitas seperti halnya temen kira.
e.       Mem flashback kembali ketika kita mempunyai sebuah kesibukan
Jika ini cara yang terbaik untuk melakukan hal perubahan yang maksimal saya akan mengingat sebuah masa lalu tatkala saya melakukan sebuah aktifitas yang bermanfaat dan di kerjakan lagi pada saat ini.
f.       Mengetahui bakat yang saya punya
Selain itu juga saya akan berusaha mengetahui sebuah skill yang saya punya itu , dan  bisa menyalurkannya sepertti halnya saya mempunyai bakat qiroatul qur’an saya akan ikut aktifitas di uptq UIN SGD Bandung , selain bermanfaat saya juga bisa mempunyai sebuah kesibukan.
g.      Tidak terlalu fokus dalam satu urusan
Mungkin ini kesalahan saya terlalu amat fukus terhadap satu pekerjaan saja sehingga pekerjaan lainnya gak bisa di kerjakan secara maksimal
h.      Tidak takut melangkah dan selalu terus berusaha.
i.        Dari sekarang saya akan membuat sebuah terget harian, mingguan, bulanan dan bahkan target dalam satu tahun kedepan.
j.        Menggunakan sebuah waktu yang ada sebaik mungkin

E.     Kesimpulan

      Berdasarkan diatas dapat di simpulkan bahwa management waktu adalah mengatur atau mengelola waktu dimana kita melakukan hal yang benar pada yang tepat. Alasan kenapa kita dalam sehari harinya memerlulan sebuah pengaturan waktu di karenakan waktu adalah sumber daya yang kita tidak bisa simmpan seperti halnya di atas telah di uraikan

      Dalam mengatur sebuah waktu kita akan menentukan sejauh mana pencapaian dan kesuksesan kita dalam mencapai sebuah tujuan yang positif dan hasis yang memuaskan kelak nanti serta kita akan mampu menghargai sebuah waktu dan menggunakan waktu itu untuk melakukan hal yang ber ilai positif.

      Setelah saya mengetahui semua itu saya akan bersungguh-sungguh menjalankan apa yang telah saya tulis di atas dan memnadikan sebuah pelajaran berharga sebagai sebuah pekerjaan baru yang akan membuat saya jauh lebih baik dari sebelumnya

      Ucapan terima kasih kepada dosen saya Bpk Asep Sahid Gatara, M.Si. yang telah mengajarkan banyak ilmu pengetaguan kepada saya sehingga pada saat ini saya mampu berfikir jauh lebih baik dari sebelumnya semoga hal ini tidak dapat saya lupakan amiin.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com