JURNAL BAHASA INDONESIA MEMBACA, MENULIS, DAN TAHAPAN-TAHAPAN MENULIS PADA ANAK”



MEMBACA, MENULIS, DAN TAHAPAN-TAHAPAN MENULIS PADA ANAK”
JURNAL BAHASA INDONESIA
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata  kuliah
Bahasa Indonesia
Program Studi Muamalah Semester I
Di Susun Oleh :
Ihin Solihin  (1143020082)










PROGRAM STUDI MUAMALAH
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2014


“MEMBACA, MENULIS, DAN TAHAPAN-TAHAPAN MENULIS PADA ANAK”

ABSTRAK
Keterampilan membaca dan menulis di sekolah biasanya mencakup empat segi yaitu keterampilan menyimak atau mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Dimakalah ini kami akan membahas tentang perkembangan Membaca dan Menulis Pada Manusia.
Membaca mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia sepanjang masa. Yang dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan informasi yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media media atau bahasa tulis.
Menulis merupakam suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk  berkomukasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktip dan ekspresip. Dalam kegian penulisan ini maka sang penulis harus terampil memanfaatkan strutur bahasa dan kosa kata. Keterampilan menulis ini tidak datang secara otomatis, melainkan harus melalui latihan dan praktek yang banyak dan teratur.

Kata kunci: membaca, menulis dan tahap perkembangan menulis pada anak.

PENGANTAR
Di jaman modern saat sekarang ini banyak cara yang baik dalam hal mempelajari makna membaca, menulis. Menulis merupakan hal yang sangat penting terutama bagi golongan pelajar. Tujuan penyusun dari pembuatan ini adalah sebagai salah satu tugas ujian akhir semester pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Juga tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada bapak dosen mata kuliah Bahasa Indonesia, teman-teman ataupun pihak-pihak yang lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah memberikan bimbingan dan motivasi sekaligus pengarahan atas terlaksananya pembuatan jurnal ini.
Penyusun memohon kepada bapak dosen khususnya, dan juga kepada para pembaca bahwasanya dalam penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan, kekurangan dan kesalahan, baik dari segi bahasa maupun isinya. Oleh karena itu kami mengharapkan  kritik dan saran yang bersipat membangun dari semua pihak, demi  kesempurnaan penyusunan makalah di masa yang akan datang.
Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat khususnya bagi penyusun sendiri, umumnya bagi para pembaca semua.

PEMBAHASAN
            Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan dan informasi, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata kata atau bahasa tulisan. Dari segi linguistik membaca adalah proses penyandian kembali atau pembacaan sandi berlainan dengan berbicara dan menulis justru melibatkan penyandian. Sebuah aspek pembacaan sandi adalah menghubungkan kata kata tulis dengan makna bahasa lisan yang mencakup pengubahan tulisan menjadi bunyi yang bermakna.
            Tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi memahami makna bacaan.
 Aspek-aspek dalam Membaca
            Secara garis besarnya ada  dua aspek penting dalam membaca, yaitu:
1.      Keterampilan yang bersifat mekanis yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih rendah, aspek ini mencakup:
a.       Pengenalan bentuk hurup
b.      Pengenalan unsur-unsur linguistik
c.       Kecepatan membaca bertarap pendek
2.      Keterampilan yang bersifat pemahaman yang dianggap berada pada urutan yang lebih tinggi. Aspek ini mencakup:
a.       Memahami pengertian sederhana
b.      Memahami signifikansi atau makna
c.       Evaluasi atau penilaian
d.      Kecepatan membaca yang fleksibel
Maka proses membaca dibagi atas beberapa bagian diantaranya:
1.      Membaca Nyaring
Membaca nyaring adalah suatu aktipitas atau kegiatan yang merupakan alat untuk menangkap serta memahami infirmasi pikiran dan perasaan seorang pengarang.
2.      Membaca dalam hati
Pada saat membaca dalam hati kita hanya mempergunakan ingatan
visual  yang melibatkan pengaktipan mata dan ingatan.
3.      Membaca ekstensip
Membaca ekstensip berarti membaca secara luas obnyeknya
meliputi sebanyak mungkin teks dalam waktu yang sesingkat mungkin.
4.      Membaca intensip
Membaca intensip adalah studi bersama dan penanganan seksama latihan pola pola kalimat.
Menulis ialah menurunkan atau menuliskan lambang lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang lambang tersebut kalau mereka memahami bahas bahasa dan gambaran grafik tersebut. Menulis merupakan suatu reprensentasi  bagian dari kesatuan kesatuan ekspresi bahasa. Menulis adalah suatu bentuk berpikir. Salah satu dari tugas tugas penulis adalah menguasai prinsip prinsip menulisdan berpikir yang akan dapat menolongnya mencapai maksud dan tujuan. Yang paling terpenting diantara prinsip prinsip yang dimaksudkan itu adalah penemuan, sususnan,dan gaya. Belajar menulis adalah belajar berfikir dalam cara tertentu.
Fungsi menulis pada prinsipnya adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar untuk berpikir. Juga dapat mempermudahkan kita untuk merasakn hubungan hubungan, memperdalam daya tangkap, memecahkan masalah yang kita hadapi, menyusun urutan bagi pengalaman.
Telah banyak ahli yang membuat klasifikasi terhadap tulisan berdasarkan bentuknya diantaranya sebagai berikut:
1.      Bentuk bentuk obyektip
a.       Penjelasan yangb terperinci mengenai proses
b.      Batasan
c.       Laporan
d.      Dokumen
2.      Bentuk bentuk subyektip
a.       Otobiografi
b.      Surat-surat
c.       Penilaian pribadi
d.      Esei informal
e.       Gambaran
f.       Satire
 Perkembangan Tahap tahap Menulis Pada Anak
Pada era globalisasi pada saat sekarang ini telah terjadikemajuan yang sangat pesat pada bidang teknologi informasi. Kemajuan itu menuntuk dukungan budaya baca tulis, yaitu perwujudan prilaku mencakup kemampuan, kebiasaan, kegemaran, dan kebutuhan baca tulis. Namun hingga sat ini budaya baca tulis belum sepenuhnya berkembang dimasyarakat desa Indonesia. Karena itu jika bangsa Indonesia ingin berhasil dalam pembangunan dimasa depan pengembangan budaya menbaca menulis mutlak dilakukan.
Yang menjadi persoalan saat sekarang adalah kapan kemampuan membaca dan menulis bisa diajarkan? Banyak para ahli yang mengatakan bahwa menulis dan membaca harus diajarkan sejak dini
Tahapan-tahapan perkembangan anak dalam menulis:
Tahap 1: Coretan awal, coretan acak.
Tahap 2: Coretan terarah, tanda-tanda tertentu.
Tahap 3: Pengulangan garis dan bentuk
Tahap 4: Berlatih hurup
Tahap 5: Menulis nama
Tahap 6: Menyalin kata kata yang ada di lingkungan.
Tahap 7: Menemukan ejaan
Tahap 8: Ejaan baku, usaha usaha mandiriuntuk memisahkan hurup.

KESIMPULAN
            Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan dan informasi yang hendak di sampaikan oleh penulis melalui kata kata atau media bahasa tulisan. Secara garis besar terdapat dua aspek penting dalam membaca yaitu: keterampilan yang bersifat mekanik, keterampilan yang bersipat pemahaman.
            Menulis adalah suatu bentuk berfikir,  Salah satu dari tugas tugas penulis adalah menguasai prinsip prinsip menulisdan berpikir yang akan dapat menolongnya mencapai maksud dan tujuan. Yang paling terpenting diantara prinsip prinsip yang dimaksudkan itu adalah penemuan, sususnan,dan gaya. Belajar menulis adalah belajar berfikir dalam cara tertentu. Pada fungsinya prinsip utama dari tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar untuk berpikir.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com